Tips Untuk Lebih Memahami Dalam Membuat Aquascape Tema Iwagumi

- 02.30
https://www.remblong.net/2018/12/tips-untuk-lebih-memahami-dalam-membuat.html
Image: Pinterest

Apakah Anda termasuk pecinta aquascape dengan tema iwagumi? Jika memang Anda menyukai tema iwagumi, pasti Anda sudah tahu bentuk dan model dari tema tersebut. Iya, tema yang mengutamakan seni tata letak bebatuan ini merupakan salah satu tema aquascape yang indah dari sekian banyak tema yang ada.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mempelajari dengan tekun tema iwagumi ini. Tidak hanya itu untuk membuat suatu landscape yang indah Anda harus bisa memainkan batu-batu dalam penataannya. Gaya ini mengacu pada bentuk batu dengan tiga ukuran yaitu batu dengan ukuran besar pada bagian utama, serta yang kecil pada bagian kedua dan ketiga. Mungkin jika Anda masih bingung dan ingin belajar tema iwagumi ini, anda bisa baca artikel ini lebih lanjut mengenai tips membuat aquascape tema iwagumi.

Tips Membuat Aquascape Tema Iwagumi


Mungkin salah satu kendala dalam pembuatan tema iwagumi adalah memadukan setiap batu agar menjadi indah. Anda tentu harus benar-benar memperhatikan penataannya, sehingga nanti akan menjadi sebuah scape yang berkaitan satu sama lainnya. Maka itu jangan kira jika tema iwagumi ini hanya menempatkan batu dengan begitu saja.

Untuk bisa membuat sebuah aquascape dengan tema iwagumi, Anda bisa menggunakan jenis batu apa saja. Asalkan tetap dengan formasi jumlah yang ganjil yaitu, 3, 5, 7, 9 dan seterusnya. Hal ini mungkin saya sebut dengan teknik non simetri. Kenapa demikian? Karena untuk menghindari tataan bentuk simetri, yang nantinya justru akan menimbulkan perpecahan fokus dalam aquarium. Sedangkan jika membuat dengan teknik non simetri, maka aquascape akan terlihat lebih seimbang dan memiliki titik fokus yang tinggi.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Aquascape Sendiri Untuk Pemula

Meskipun untuk membuat aquascape dengan tema iwagumi bisa memakai jenis batu apa saja. Namun ada batu-batu yang memang populer dan cocok untuk tema tersebut seperti, batu seiryu, shou, dan maten. Hal tersebut bertujuan untuk membuat suatu kumpulan batu dengan warna dan tekstur yang sama. Adapun setiap masing-masing batu ini memiliki peran dan nama tersendiri, seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

https://www.remblong.net/2018/12/tips-untuk-lebih-memahami-dalam-membuat.html
Image: Pinterest

Oyaishi

Batu ini merupakan batu yang utama dengan ukuran yang besar. Biasanya batu ini ditempatkan pada titik utama fokus aquarium. Selain itu Anda juga harus menatanya sedikit agak miring agar tercipta suasana yang alami.

Fukuishi

Batu sekunder ini biasanya diletakan pada bagian kiri atau kanan dari batu oyaishi. Dalam penataannya Anda harus lebih memperhatikan agar terlihat presisi, sehingga mengimbangi batu utama yang nantinya akan tercipta sebuah aquascape yang indah.

Soeishi

Iya, batu ketiga ini memiliki tujuan untuk memperkuat dan lebih menonjolkan keseimbangan batu oyaishi dan fukuishi. Dalam peletakannya Anda bisa letakan diantara kedua batu tersebut.

Suteishi

Yang terakhir dalam batu untuk tema iwagumi ini adalah suteishi. Batu keempat ini biasanya diletakan paling bawah dan sering tertutup tanaman. Namun batu ini ditujukan untuk membantu batu-batu yang lainnya sehingga dapat menciptakan kesan kebersamaan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search