Cara Mudah Membuat Aquascape Sendiri Untuk Pemula

- 22.41
https://www.remblong.net/2018/11/cara-mudah-membuat-aquascape-sendiri.html

Aquascape atau aksesoris tanaman dan hewar air ini, merupakan salah satu aksesoris yang cukup penting untuk para penyuka hewan air. Hal ini tentunya agar Anda bisa tetap melihat ikan Anda dengan suasana yang seperti aslinya. Memang aquascape ini bisa disebut sesuatu yang lumayan bagus terlebih untuk para penyukanya.

Membahas soal aquascape ada banyak macam dan ukurannya, dari yang kecil sampai yang berukuran besar. Tentu harganya pun berbeda-beda disetiap macamnya. Nah, untuk Anda yang ingin membuat aquascape dengan biaya yang hemat dan juga murah, kali ini saya akan memberikan beberapa langkah untuk membuat aquascape. Lebih jelasnya Anda silahkan baca artikel dibawah ini.

Baca juga: Ternyata Diecast Juga Bisa Dimodifikasi

Cara Mudah Membuat Aquascape Sendiri


1. Penataan dasar aquarium

Untuk bagian pertama Anda bisa menata terlebih dahulu bagian dasar aquarium. Ditahap ini Anda isi dasar aquarium dengan pasir hingga tebalnya sekitar 2cm. Dalam penggunaan pasir Anda bisa pilih jenis pasir apa saja. Untuk proses penataanya memang harus benar-benar dan teliti, Anda harus membuat seperti lekukan bergelombang dan diusahakan terlihat natural. Hal itu semua agar nantinya ketika pemberian pupuk tidak terlihat dengan begitu jelas.

2. Pemberian pupuk

Proses pemberian pupuk ini ditujukan untuk memberi nutrisi terhadap tanaman yang nantinya akan dimasukan untuk aquascape. Anda bisa taburkan pupuk tersebut dibagian lekukan yang bergelombang tadi. Lakukan proses ini hingga pupuk mencapai ketebalan sekitar 2cm sampai 3cm.

3. Masukan bebatuan

Setelah itu tahap selanjutnya adalah memasukan bebatuan dan aksesoris lainnya. Disini Anda harus benar-benar bisa mengimajinasikan keindahan alam yang nantinya akan menjadi bentuk dari aquascape tersebut. Selain itu dekorasikan dengan baik jangan sampai asal-asalan agar hasilnya terlihat indah. Pastinya aquascape yang terlihat indah bisa membuat Anda senang.

Baca juga: Tips Make Up Dengan Cepat Bagi Perempuan

4. Masukan tanaman

Jika tadi proses pemasukan bebatuan sudah selesai, maka selanjutnya adalah memasukan tanaman. Proses ini bisa disebut sebagai proses bercocok tanam, untuk tahap pertama dalam proses ini Anda harus memasukan pasir 1/4 dari bagian aquarium. Selanjutnya masukan air secara perlahan dengan memakai bantuan saringan atau apa saja, yang penting aliran air yang dimasukan tidak merusak dekorasi yang sudah dibuat. Jika sudah Anda tinggal tanam satu persatu tanaman yang akan Anda masukan untuk aquascapenya.


5. Pengisian air

Proses ini harus Anda lakukan kembali setelah semua aksesoris terpasang dengan baik. Anda tinggal masukan kembali air kedalam aquarium hingga penuh. Dan jangan lupa lakukan seperti yang sudah tadi dijelaskan dengan menggunakan bantuan saringan atau yang lainnya. Tentu proses pengisian air ini harus dilakukan dua kali agar dapat membuang berbagai macam zat yang terdapat pada aksesoris yang sudah dimasukan tadi.

6. Pemasangan filter

Nah, untuk proses yang terakhir ini yaitu pemasangan filter. Disini Anda harus menyusun filter, diffuser Co2, serta lampu yang nantinya akan digunakan untuk aquascape. Fungsi dari filter itu sendiri untuk sirkulasi sebagai penyaring kotoran yang ada. Selain itu diffuser Co2 dan lampu berguna untuk proses fotosintesis pada tanaman. Dalam pemakaian lampu ini Anda harus menyalakan selama kurang lebih 9 jam. Hal ini untuk mengatasi tumbuhnya alga dengan cepat. Karena alga itu sendiri yang dapat menyebabkan air menjadi keruh dan sangat mengganggu keindahan aquascape.
 

Start typing and press Enter to search