5 Tips Efektif Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot

- 01.50
Mungkin bagi sebagian orang sering mengalami laptop lemot saat melakukan pekerjaan atau tugas?. Iya, sama hal nya dengan produk elektronik yang lainnya, laptop juga bisa mengalami performa menurun meskipun spesifikasi yang anda punya bisa dikatakan sangat bagus. Banyak faktor-faktor tentunya yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Dan itu pastinya menjadi masalah bagi diri anda.

https://www.remblong.net/2018/11/5-tips-efektif-untuk-mengatasi-laptop.html

Bicara soal laptop lemot, pastinya siapa yang tidak kesal jika hal itu terjadi setiap hari. Anda pasti akan merasa jengkel ketika laptop yang tadinya berjalan biasa-biasa, ini malah mengalami lag, pemrosesan lama dan lain sebagainya. Terlebih apalagi laptop tersebut merupakan barang kesayangan anda. Selain itu juga laptop tersebut anda gunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan. Hal itu semua pastinya membuat anda semakin stres.

Nah, untuk itu anda jangan khawatir karena disini kami akan memberikan tips untuk mengatasi laptop lemot. Berikut simak penjelasannya dibawah ini.

1. Gunakan aplikasi yang dibutuhkan

Anda tentunya harus tahu dengan spesifikasi laptop yang anda punya. Hal tersebut berguna untuk membantu anda dalam menilai aplikasi apa saja yang bisa anda install sesuai dengan kemampuan laptop. Ini tidak hanya untuk laptop yang punya spesifikasi standar saja, namun untuk yang spesifikasi bagus pun tentu harus memikirkan hal ini agar laptop anda tidak lemot. Seperti contoh misalkan anda memaksa untuk menginstall game PUBG yang dimana membutuhkan spesifikasi yang besar.

2. Buka aplikasi yang diperlukan

Menggunakan aplikasi secara berlebihan tentu akan memaksa kinerja RAM yang lebih dan itulah yang menyebabkan laptop cepat panas dan akhirnya lemot. Seperti contoh anda melakukan pengeditan di After Effect tapi anda juga membuka aplikasi-aplikasi lain secara bersamaan. Hal ini pastinya akan membuat laptop anda menjadi berat. Untuk itu sesuaikan lah penggunaan aplikasi dengan laptop yang anda punya.

3. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Mungkin ketika anda baru memiliki laptop pastinya ingin mencoba banyak aplikasi. Hal itulah yang membuat sistem penyimpanan pada drive menjadi penuh dan akhirnya membuat kinerja laptop menjadi lambat. Untuk itu harddisk menjadi lama dalam membaca beberapa file di dalamnya. Dan itu semua dalam rentan waktu jangka panjang mungkin akan mengakibatkan kerusakan pada laptop.

Baca juga: Editing Foto Di Android Menggunakan 5 Aplikasi Ini

4. Pakai thermal pasta untuk prosesor

Setelah tadi mengenai penggunaan softwarenya, nah sekarang ke bagian hardwarenya. Iya, mungkin salah satu penyebab lambatnya laptop disebabkan oleh kinerja prosesor yang semakin lama karena faktor usia. Untuk itu anda bisa gunakan thermal pasta pada prosesor laptop anda. Dengan itu maka prosesor akan lebih stabil dan tidak cepat panas sehingga suhunya terjaga. Hal itu semua pastinya akan membuat kinerja laptop menjadi stabil.

5. Gunakan cooler pad

Meskipun tidak berpengaruh sangat besar namun penggunaan cooler pad ini dirasa cukup efektif. Iya, ini akan membantu anda untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Tidak menutup kemungkinan juga bahkan bisa untuk mengurangi lambatnya kinerja laptop yang diakibatkan suhu panas. Selain itu pastinya anda tidak akan keluar banyak uang hanya untuk membeli cooler pad. Karena harganya yang terjangkau bisa menjadi alternatif untuk mengatasi laptop yang lemot.

Baca juga: 3 Cara Efektif Mengatasi Pesan WhatsApp Yang Pending

Itulah beberapa tips untuk mengatasi laptop yang lemot. Masih banyak memang cara atau tips yang lainnya untuk mengatasi hal tersebut. Namun, kelima tips diatas kami rasa lebih efektif dan membuat anda tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.
 

Start typing and press Enter to search